Monday, January 6, 2014

11 Manfaat Daun kemangi



Nih Gan kali iini ane mau share Manfaat dari Daun Kemangi,Saya yakin Agan Agan sekalian dah ngga’ asing sama yang namanya daun kemangi,apalagi buat agan agan yang pernah (kayaknya semua orang juga pernah) makan pecel lele,yups daun ini biasa digunakan untuk lalapan pelengkap makanan tersebut,daun ini juga bisa dicampurkan dengan sayur bobor,dan makanan lainnya.Tapi apakah agan agan tau kalau daun yang biasa kita temukan di pagar ini mengandung Vitamin A,kalsium,fosfor,dan juga Vitamin C??? itu hanya sebagian dari manfaat daun ini,untuk selengkapnya Cek dibawah ini           :

Mencegah Kemandulan
Daun kemangi ternyata dapat berfungsi untuk mencegah kemandulan terutama pada pria.Hal ini dikarenakan kemangi memiliki kandungan senyawa arginine cukup tinggi yang berkhasiat memperpanjang usia hidup dan memperkuat daya tahan sperma. Selain itu, daun kemangi juga merangsang produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita.

Meredakan Diare dan Masalah Pencernaan Lain
Daun kemangi terbukti dapat meredakan beberapa gangguan pencernaan ringan seperti diare, perut mual, sembelit, cacingan, hingga maag. Biasakanlah untuk selalu memakan daun kemangi setiap sarapan atau meminum air rebusan daun kemangi jika agan agan pengen terhindar dari masalah-masalah pencernaan tersebut.

Menghilangkan Komedo
daun kemangi ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan yang satu ini. Caranya adalah dengan membuat daun kemangi sebagai masker. Pertama, tumbuk beberapa helai daun kemangi lalu oleskan pada wajah dan diamkan 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air sampai bersih. Selain dapat menghilangkan komedo, masker daun kemangi juga dapat membuat wajah anda lebih cerah dan sehat.

Memproduksi Minyak Atsiri
Daun kemangi termasuk salah satu penghasil minyak atsiri berkualitas tinggi. Minyak atsiri sendiri biasanya digunakan untuk pijat dan aromaterapi.

Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan magnesium serta sebagian senyawa sineol yang terkandung dalam daun kemangi berfungsi untuk melebarkan pembuluh nadi serta menjaga kestabilan denyut jantung agar aliran darah diseluruh tubuh menjadi lancar.

Mengatasi Bau Badan dan Mulut
Cukup dengan mengkonsumsi paling tidak 10 lembar daun kemangi setiap hari, maka masalah bau mulut dan bau badan anda akan berangsur-angsur menghilang. Namun bagi anda yang tidak terlalu menyukai aroma dan rasa kemangi, anda dapat meminum air rebusan daun kemangi yang dicampur dengan madu atau gula merah (gula jawa).

Mengatasi Sariawan dan Panas Dalam
Mengunyah segenggam daun kemangi mentah dan rutin meminum air sari daun kemangi akan dapat meredakan keluhan sariawan dan panas dalam anda. Hal tersebut disebabkan karena kandungan vitamin C serta kandungan berbagai senyawa kimia yang terdapat dalam getah kemangi yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sariawan dan panas dalam.

Meningkatkan Imunitas
Memakan daun kemangi setiap hari akan membuat daya tahan tubuh kita semakin kuat. Selain karena adanya kandungan vitamin C, kemangi juga mengandung betakaroten yang dapat merangsang produksi antibodi tubuh sehingga daya tahan tubuh akan semakin kuat. Zat betakaroten juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Mengatasi Kembung dan Masuk Angin
Orang Jawa sudah sejak lama menggunakan campuran minyak kayu putih, bawang merah, dan daun kemangi untuk mengobati kembung dan masuk angin. Caranya adalah dengan mengiris kecil-kecil bawang merah, campur dengan minyak putih dan air perasan kemangi, lalu oleskan pada perut dan punggung.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Satu hal yang mungkin tak banyak diketahui orang tentang daun kemangi adalah kandungan berbagai mineralnya yang cukup tinggi. Mineral-mineral yang banyak terkandung dalam daun kemangi tersebut terutama adalah fosfor dan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Menangkal Radikal Bebas
Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, daun kemangi ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan berbagai radikal bebas penyebab berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.



SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment