ASSALAMU’ALAIKUM Gan,Sesungguhnya Allah telah menerangkan dalam
Surat Al-Alaq,bahwasanya kita kita ini tadinya hanyalah segumpal darah,dalam
siklus ini ane mau share tentang proses terjadinya Manusia menurut Al Qur’an
Tahap
pertama
Nutfah: yaitu tahap pertama,dimulai setelah pembuahan atau minggu pertama. Itu
dimulai setelah terjadinya pencampuran air mani
Maksud firman Allah dalam surah al-Insan: 2
"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami (akan mengujinya dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat"
Menurut Ibn Jurair al-Tabari, asal kata nutfah adalah nutf artinya air yang sedikit yang ada di dalam suatu wadah apakah sumur, tabung dan sebagainya. Sementara kata amsyaj berasal dari kata masyj yang berarti pencampuran
Berbasis pada makna kata tersebut maksud ayat di atas adalah sesungguhnya Kami (Allah) menciptakan manusia dari air mani pria dan air mani perempuan.
Dari nutfah inilah Allah menciptakan anggota-anggota yang berbeda, perilaku yang berbeda serta membuat pria dan perempuan. Dari nutfah pria akan terbentunya saraf, tulang dan fakultas, sedangkan dari nutfah perempuan akan terbentuknya darah dan daging.
Maksud firman Allah dalam surah al-Insan: 2
"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami (akan mengujinya dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat"
Menurut Ibn Jurair al-Tabari, asal kata nutfah adalah nutf artinya air yang sedikit yang ada di dalam suatu wadah apakah sumur, tabung dan sebagainya. Sementara kata amsyaj berasal dari kata masyj yang berarti pencampuran
Berbasis pada makna kata tersebut maksud ayat di atas adalah sesungguhnya Kami (Allah) menciptakan manusia dari air mani pria dan air mani perempuan.
Dari nutfah inilah Allah menciptakan anggota-anggota yang berbeda, perilaku yang berbeda serta membuat pria dan perempuan. Dari nutfah pria akan terbentunya saraf, tulang dan fakultas, sedangkan dari nutfah perempuan akan terbentuknya darah dan daging.
Tahap
Kedua
Alaqah: Tahap pembentukan alaqah adalah pada akhir pekan pertama / hari ketujuh. Pada hari yang ketujuh telor yang sudah dibuahi itu akan tertanam di dinding rahim (qarar makin). Setelah itu Kami mengubah nutfah menjadi alaqah.
Firman Allah Surat Al-Mukminun
"Kemudian Kami mengubah nutfah menjadi alaqah" (al-Mukminun: 14)
Kebanyakan ahli tafsir menafsirkan alaqah dengan makna segumpal darah. Ini mungkin dibuat berdasarkan pandangan mata kasar. Alaqah sebenarnya suatu benda yang amat seni yang diliputi oleh darah. Tingkat alaqah adalah tingkat pada minggu pertama sampai minggu ketiga did alam rahim.
Alaqah: Tahap pembentukan alaqah adalah pada akhir pekan pertama / hari ketujuh. Pada hari yang ketujuh telor yang sudah dibuahi itu akan tertanam di dinding rahim (qarar makin). Setelah itu Kami mengubah nutfah menjadi alaqah.
Firman Allah Surat Al-Mukminun
"Kemudian Kami mengubah nutfah menjadi alaqah" (al-Mukminun: 14)
Kebanyakan ahli tafsir menafsirkan alaqah dengan makna segumpal darah. Ini mungkin dibuat berdasarkan pandangan mata kasar. Alaqah sebenarnya suatu benda yang amat seni yang diliputi oleh darah. Tingkat alaqah adalah tingkat pada minggu pertama sampai minggu ketiga did alam rahim.
Tahap
Ketiga
Mudghah: Pembentukan mudghah dikatakan terjadi pada minggu keempat. Kata mudghah disebut sebanyak dua kali di dalam al-Quran yaitu surat Al-Hajj ayat 5 dan surah al-Mukminun ayat 14
Firman Allah yang artinya
"Lalu Kami ciptakan darah beku itu menjadi segumpal daging"(al-Mukminun: 14)
Diperingkat ini sudah berlaku pembentukan otak, saraf tunjang, telinga dan anggota-anggota yang lain. Selain itu sistem pernafasan bayi sudah terbentuk.Vilus yang tertanam di dalam otot-otot ibu kini memiliki saluran darahnya sendiri. Jantung bayi itu mulai berdengup. Untuk perkembangan selanjutnya, darah mulai mengalir dengan lebih banyak lagi kesitu untuk memasok oksigen dan nutrisi yang cukup. Menjelang tujuh minggu sistem pernafasan bayi mulai bekerja sendiri.
Tahap Keempat
IZAM DAN Lahm: Pada tingkat ini yaitu minggu kelima, keenam dan ketujuh adalah tingkat pembentukan tulang yang mendahului pembentukan oto-otot. Bila tulang belulang telah dibentuk, otot-otot akan membungkus rangka tersebut.
Firman Allah yang artinya:
"Lalu Kami mengubahkan pula mudghah itu menjadi izam da kemudiannya Kami membalutkan Izam dengan daging"(al-Mukminun: 14)
Kemudian pada minggu ketujuh terbentuk pula satu sistem yang
kompleks. Pada
tahap ini perut dan usus, seluruh saraf, otak dan tulang belakang mulai
terbentuk. Bersamaan dengan itu sistem pernapasan dan saluran pernafasan
dari mulut ke hidung dan juga ke kantong-paru mulai terlihat. Begitu juga
dengan organ reproduksi, kalenjar, hati, buah penggang, kandung urin dan
lain-lain terbentuk dengan lebih sempurna lagi. Kaki dan tangan juga mulai
tumbuh. Begitu juga mata, telinga dan mulut semakin sempurna. Pada
minggu kedelapan semuanya telah sempurna dan lengkap.sistem pernafasan bayi
mula berfungsi sendiri.
Tahap
Kelima
NASY'AH KHALQAN akhar: Pada tahap ini yaitu
pada minggu kedelapan, beberapa perubahan lagi terjadi. Perubahan pada
tingkat ini bukan lagi embrio tetapi sudah masuk ke tingkat janin.Pada bulan ketiga, semua tulang janin telah terbentuk
dengan sempurnanya Kuku-kukunya pun mulai tumbuh. Pada bulan keempat,
pembentukan plasenta menjadi cukup lengkap menyebabkan saldo pranatel bayi
dalam kandungan hanya untuk menyempurnakan semua anggota yang sudah ada.Meskipun
perubahan tetap berlaku tetapi perubahannya hanya pada ukuran bayi saja.
Tahap
Keenam
NAFKHUR-RUH: Yaitu tingkat peniupan roh. Para ulama Islam menyatakan kapan roh ditiupkan ke dalam jasad yang sedang berkembang? Mereka hanya sepakat mengatakan peniupan roh ini terjadi setelah empat puluh hari dan setelah terbentuknya organ-organ tubuh termasuk organ seks. Nilai kehidupan mereka telah dimulai sejak di alam rahim lagi. Ketika di alam rahim perkembangan mereka bukanlah proses perkembangan fisik semata tetapi telah memiliki hubungan dengan Allah melalui ikatan kesaksian sebagaimana yang disebutkan oleh Allah di dalam al-Quran surah al-A'raf: 172. Dengan ini entitas roh dan jasad saling bantu membantu untuk meningkatkan martabat dan kejadian insan disisi Allah swt
Sumber :
http://keajaiban-quran.blogspot.com/2013/05/proses-kejadian-manusia-menurut-al-quran.html
SEMOGA BERMANFAAT
0 comments:
Post a Comment