Saturday, February 18, 2017

Resensi Buku Pendidikan Kaum Tertindas



Identitas Buku

Judul                     : Pendidikan Kaum Tertindas
Pengarang             : Paulo Freire
Tebal                     : 221 Halaman
Penerbit                : LP3ES
Tahun Terbit         :2008

Review Singkat

Dominasi suatu Negara oleh para penguasa yang serakah menciptakan suatu system yang membelenggu kebebasan manusia-manusia lainnya, menciptakan 2 golongan yang bertolak belakang dalam menyikapi suatu kehidupan, ialah kaum penindas dan kaum tertindas. Dalam perkembangannya, kaum tertindas hidup terbelenggu oleh mitos-mitos yang sengaja ditanamkan oleh kaum penindas. Tujuannya jelas, untuk melanggengkan status quo para penindas tersebut. Mitos-mitos yang ditanamkan kaum penindas tersebut membelenggu seluruh aspek kehidupan kaum tertindas, mulai dari kesadaran yang lemah, pemikiran yang dangkal, dan minimnya semangat untuk mengubah nasib mereka sebagai kaum tertindas.

Bagi Freire, pembelengguan hakikat manusia sebagai makhluk hidup yang merdeka ini tidak dapat dibiarka begitu saja. Kondisi kaum tertindas tersebut harus segera diobati melalui sebuah pendidikan yang membebaskan. Melalui pendidikan yang mampu melecut kaum tertindas tersebut untuk berpikir kritis, mengaspirasikan buah pikirannya secara merdeka, hingga akhirnya bersama-sama berjuang mengubah realitas dunia mereka yang selama ini dibelnggu oleh mitos-mitos yang didogma-kan oleh para penindas yang hanya ingin melanggengkan kekuasaan melalui penindasan pikiran.


Dengan porsi besar filsafat manusia, buku ini memberikan refleksi yang mendalam bagi pembaca mengenai hakikat seorang manusia yang merdeka, mengenai realita penjajahan para penguasa dan sifat-sifat turunan daripadanya, dan jalan pembebasan manusia dari penjajahan tersebut. Sebuah buku bagi siapa saja yang ingin tersadar bahwa penjajahan masa kini adalah penjajahan kesadaran.

0 comments:

Post a Comment